Diberdayakan oleh Blogger.

welcome to my site

User Login

On Selasa, 22 Juni 2010 0 komentar

Bagi para programmer, Bug adalah sesuatu yang sangat dibenci, tapi sekaligus membantu, karena dengan bug tersebut akan dapat diketahui kelemahan dari software atau aplikasi buatan mereka. Bug dalam bahasa Inggris berarti Kutu atau binatang kecil. Konon istilah bug muncul karena ditemukannya binatang kecil yang menyebabkan kerusakan komputer pada sebuah komputer tabung pada tahun 1945. Proses mencari bug disebut dengan Debug.

Bug pada software sendiri bermacam-macam. Jenis bug berdasarkan karakteristiknya antara lain sebagai berikut:

1. Divide by Zero

Jika pada sebuah pembagian, pembagi bernilai 0, maka program akan terhenti dan mengalami error.

2. Infinite Loop

Pengertian loop adalah perulangan, yang sering digunakan dalam pemrograman. Penggunaan loop yang salah dapat menyebabkan sebuah program menjalankan sebuah prosedur tanpa akhir.

3. Arithmatic Overflow or Underflow

Overflow terjadi saat sebuah perhitungan menghasilkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang dapat ditampung oleh media/variabel penyimpanan. Sementara underflow merupakan kebalikannya Pada perhitungan aritmatik, hal ini sering ditemukan dan menjadi masalah.

4. Exceeding Array Bounds

Array merupakan variabel berdmensi yang memiliki indeks. Saat program mengakses indeks di luar array yang ditentukan, maka akan mengakibatkan error.

5. Access Violation

Hal yang terjadi saat sebuah proses mencoba melewati batas yang diinginkan oleh sistem. Misalnya menulis sebuah nilai pada alamat memory, segmen, atau media yang diproteksi.

6. Memory leak

Penggunaan memory yang tidak diinginkan, dapat terjadi karena program gagal melepaskan memory yang sudah tidak digunakan.

7. Stack Overflow or Underflow

Stack merupakan struktur data dengan prinsip LIFO (Last in First Out), pada program anda dapat mengimplementasikan logika stack untuk suatu tujuan, tapi jika stack melebihi atau di bawah nilai yang diijinkan oleh program, maka akan timbul kesalahan stack Overflow/Undeflow.

8. Buffer Overflow

Buffer merupakan tempat penyimpanan sementara dalam teknik pemrograman. Buffer overflow terjadi jika anda menyimpan terlalu banyak data yang tidak dapat dimatmpung oleh buffer yang disediakan.

9. Deadlock

Merupakan suatu kondisi dimana dua atau lebih proses saling menunggu satu sama lain untuk menyelesaikan prosesnya, dan tidak satu pun dari proses tersebut yang selesai. Problem Deadlock sering ditemukan pada multiprocessing.

10. Off by One Error

Merupakan istilah untuk menggambarkan perulangan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. misanya perulangan yang dikehendaki adalah 5 kali, tapi kenyataan yang terjadi aplikasi tersebut mengulang proses tersebut sebanyak 4 kali atau 6 kali. kesalahan ini pada umumnya terjadi karena kesalahan logika penulisan kode pada proses perulangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar